Lagi-lagi Masuk Nominasi Oscar, Siapa sih Saoirse Ronan?
Profil dan perjalanan karir Saoirse Ronan, aktris pemeran Lady Bird. Simak biodata, tanggal lahir, dan film-film yang pernah diperankan aktris Hollywood ini. Cek selangkapnya di sini.
763
post-template-default,single,single-post,postid-763,single-format-standard,qode-quick-links-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-11.2,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-5.2.1,vc_responsive
Saoirse Ronan

Lagi-lagi Masuk Nominasi Oscar, Siapa Sih Saoirse Ronan?

Saoirse Ronan. Nama gadis cantik pemeran Lady Bird ini mendadak mencuat setelah meraih piala Golden Globes pertamanya untuk kategori Best Performance by an Actress in a Motion Picture, Musical or Comedy tahun ini. Sejak Selasa (23/1) lalu, namanya pun semakin trending dan jadi sorotan. Pasalnya di usianya yang masih menginjak 23 tahun, Ronan telah sukses menembus nominasi Oscar untuk yang ketiga kalinya.

Whatt? Beneran nggak sih?

Betul, kamu nggak salah denger kok. Gadis asal Irlandia ini memang sangat berbakat. Meski usianya masih sangat muda, namun kemampuan aktingnya nggak kalah saing dibanding aktris-aktris senior yang juga masuk nominasi Aktris Terbaik di Oscar 2018, di antaranya Sally Hawkins, Frances McDormand, Margot Robbie, dan juga Meryl Streep.

Lalu siapa sih sebenarnya Saoirse Ronan?

Dilansir dari The Sun, Saoirse Ronan lahir di kota New York, Amerika Serikat, namun waktu usianya masih 3 tahun Ronan diboyong orang tuanya kembali ke kampung halamannya, Irlandia.

Meski jauh dari hingar-bingar kota New York, pelan-pelan Ronan mulai menggapai mimpinya. Di usia 9 tahun, gadis yang punya zodiak Aries ini pertama kali muncul di layar kaca. Ia juga pernah mengikuti audisi untuk peran Luna Lovegood di franchise film Harry Potter. Sayangnya, kala itu dewi fortuna belum berpihak pada gadis cantik ini. Peran fiksi rekaan J.K. Rowling itu akhirnya jatuh ke tangan Evanna Lynch, model dan aktris yang juga berasal dari Irlandia.

Tak perlu waktu lama, keberuntungan pun menghampiri Ronan di usianya yang ke-13. Ia mendapatkan peran di film garapan Joe Wright, Atonement (2007), bersanding dengan aktor-aktris besar seperti Keira Knightley dan James McAvoy. Kemunculannya mendapat sambutan hangat dari para kritikus film hingga menempatkannya masuk nominasi Oscar untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik. Yap, saat itulah Ronan berhasil meraih nominasi Oscar pertamanya.

Meski usianya masih sangat muda, namun Ronan terkenal picky dalam memilih peran. Nggak sembarang comot, Ronan selalu tampil di film-film berbobot seperti The Grand Budapest Hotel, The Host, How I Live Now, Hanna, The Lovely Bones, dan Brooklyn. Kemunculannya di film Brooklyn yang rilis di tahun 2015 pun kembali menobatkan namanya sebagai nominator Oscar kategori Aktris Terbaik untuk yang kedua kalinya.

FYI nih, nggak cuma akting di layar lebar aja, tahun lalu Ronan juga menghiasi Music Video Ed Sheeran untuk singlenya berjudul Galway Girl. Pujian pun mengalir deras dari mulut Ed melihat akting menawan Ronan. “She really took the p**s out of me, full on. Well done, Ms Ronan,” ucap Ed Sheeran kala itu.

 

Sudah jelas, kemampuan akting Ronan nggak perlu diragukan lagi. Tahun ini ia kembali mengantongi nominasi Oscar untuk perannya di film Lady Bird menyusul kemenangannya di ajang Golden Globe 2018 lalu. Akankah kali ini Saoirse Ronan berhasil membawa pulang piala Oscar pertamanya? Kita lihat saja nanti.

1Comment
  • Mr A
    Posted at 11:44h, 31 January Reply

    she is lovely, isnt she?

Post A Comment